Overandroidosis

Posted on

Blackberry memiliki pasaran yang besar di Indonesia dan di Australia sekarang iphone yang paling top. Trus gimana dengan android phone? Android memiliki backing yang besar seperti google trus kenapa pasaran bisa kalah dengan BB dan iphone?

Ada beberaphal yang merusak penjualan Android phone di Indonesia maupun Australia: (ini berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna android dan iphone, untuk BB tidak pernah menggunakannya tetapi hanya mengenalinya lewat pengalaman teman).

  • apps android phone tidak selalu compatible antar satu dengan yang lain:  Yang cocok dengan samsung tidak selalu akan compatible dengan mobile lainnya. Tergantung speks hpnya dan fitur yang diberikan oleh perusahaan mobile itu. Jadi apps untuk android selalu ada exception sehingga penjualan apps tidak sepopular iphone di mana ios sama dan juga karena berada di naungan perusahaan yang sama. Sehingga lebih mudah dikontrol produk mereka.
  • Bugs di android lebih banyak dibanding ios dan fixing bugs lebih lambat karena seperti yang sudah disebut sebelumnya terlalu banyak perusahaan dan terlalu banyak versi mobilenya. contoh: jika saya ingin download sebuah game, saya harus membaca review terlebih dahulu atau research dulu apakah itu cocok untuk samsung saya. Atau saya harus membelinya lewat samsung apps dan itu juga harus mastikan hanya untuk samsung galaxy.
  • Banyak pengguna android yang terlupakan: saya kurang tau kalau sistem pengambilan hp di Indonesia itu gimana, di Aussie kamu bisa mengambil hp secara kredit untuk setahun atau dua. Trus hampir setiap saat ada hp baru sehingga yang lama tidak lagi mereka perhatiin lagi, mereka cuma promosi yang ‘hot’ saat itu saja. Tentu saja itu hal yang normal untuk penjual hp, ingin kamu selalu upgrade ke yang terbaru. Cuma harusnya mereka bisa berpikir kalau dalam 1-2 tahun itu tidak boleh hilang total aksesoris untuk hp lama.  Jikalau  saya ke toko-toko untuk mencari barang Samsung Galaxy, hampir tidak ada lagi yang jual. Yang ada hanya SG2 dan itu juga limited banget. Iphone sekali lagi lebih mudah karena mereka walaupun upgrade dalam 2 tahun itu tidak besar perubahannya sehingga penjualan iphone 3g-4gs masih bisa dipakai. Lagipula masih banyak toko-toko yang menjual aksesoris iphone lama dibanding samsung galaxy.
  • Terlalu banyak stores penjualan apps: kalau di Iphone hanya di apps stores. Di android ada versi samsung store, android store dan juga pelayanan komunikasi yang digunakan seperti optus store. Semua yang jual sepertinya menarik cuma harganya bervariasi dan lagi tidak selalu compatible lagi. Belakangan ini juga keluar juga samsung galaxy 2 di mana katanya merupakan upgrade dari samsung galaxy, hampir seperti model speks berbeda sehingga banyak yang bisa digunakan SG2 tidak bisa dipakai di SG.
  • Iphone lebih cepat mendeteksi internet wireless dan memberikan pilihan wifi dengan muncul layar yang menutupin kerjaanmu saat itu sedangkan kalau android tidak seperti itu, wireless ada di pinggiran mobile dan tidak mengganggu kerja sehingga seringkali dilupakan keberadaannya.
  • Iphone sudah tidak ada buku petunjuknya lagi saking pedenya mereka kalau mereka hp yang benar-benar user friendly, android tetap ada buku petunjuknya yang makin kecil dan tidak lengkap sehingga terakhir harus disearch di internet lagi.
  • Blackberry lebih praktis untuk pengguna email dan dengan pin khusus semua penggunanya bisa ngobrol kapan saja dan di mana saja terutama setelah kembali dari Indonesia kemarin, BB harganya terjangkau dan juga paket penggunaannya. Itu lebih murah daripada android dan iphone, jadi pasarannya benar-benar tidak bisa dilawan. Siapa yang tidak ingin barang murah?

Jadi, beberapa hal itulah yang menyebabkan saya pengguna android tidak akan lagi memilih android phone untuk kredit selanjutnya. Seperti yang pernah dikatakan dibuku ‘Art of War by Sun Tzu’ kenalilah lawanmu dan medan perangmu. Untuk saat ini saya merasa kalau perang ini sudah dimenangkan oleh iphone karena saya dalam waktu singkat saja sebagai pengguna ios (Ipad), saya tidak mau lagi kembali ke android yang sudah dikontrol mending ios yang ramah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *