Daur Ulang

Posted on

Proses daur ulang adalah pengelolaan sampah supaya menjadi barang baru lagi. Di Australia proses daur ulang sudah merupakan proses sehari-hari keluarga rumah tangga. Tidak hanya mendaur ulang botol plastik, kertas, dan kaleng, setahun sekali juga di daerah perumahan ada proses daur ulang barang-barang rumah tangga seperti barang elektronika, perabot rumah tangga dan juga barang-barang padat seperti ban mobil dan lain-lainnya.

Proses ini tidak hanya memberi keberuntungan kepada bumi, tetapi juga untuk kepentingan rumah tangga karena pada jadi rajin membersihkan rumah dan gudangnya. Oleh karena ini, di Australia mulai muncul kegiatan memungut sampah-sampah bagus. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh sendiri, pasangan, tim ataupun satu keluarga besar. Untuk kegiatan ini, diperlukan rasa malu nol dan tiada ada rasa gengsi atau akan kehilangan barang-barang yang lumayan bagus.

Tujuan kegiatan ini yaitu memunggut barang yang masih bagus, mungkin diperlukan, mungkin bisa dijual ataupun cuma buat ditumpukin di gudang saja. Sering kali ikut kegiatan ini akan berakibatkan berantem dengan pemilik rumah tangga yang mau memberikannya hanya ke dewan kotapraja, ataupun dengan tim lain yang ingin mendapat barang yang kamu inginkan. Jadi kalau mau partisipasi, wajib siap mental.

Berikut contoh sampah-sampah yang dibuang:

gambar satu
gambar dua
gambar tiga

 

 

Mungkin proses seperti ini bisa dilakukan juga di Indonesia, jadi sampah kita bisa berkurang dan juga sampah di matamu mungkin berharga di mata orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *