Cowo dan Bola seperti Cewe dan mode

Posted on

Saya ditugasin untuk mengawasi murid-murid yang bermain bola basket di gedung olahraga. Duduk 25 menit mengawasi mereka dan beberapa hal muncul di benak.

ada tiga grup yang bermain, satu grup khusus kelas tujuh, satu grup khusus kelas sembilan dan satu lagi campuran dari kelas tujuh sampai sepuluh. Seperti ada perjanjian antar grup, lapangan dibagi menjadi dua, grup campuran mendapat bagian kiri dan grup kelas tujuh dan sembilan di sebelah kiri.

Pertama ada kesan, sepertinya grup kelas tujuh tidak bermain karena kebanyakan dari mereka hanya berdiri di sana. Seorang guru yang kemudian bergabung denganku hampir mendatangi mereka dan mengusir. Kemudian baru kami sadar, mereka ternyata menunggu gilirannya. Tanpa kata atau kalimat, mereka sudah berbentuk sebuah sistem untuk bermain. Setiap permainan hanya ada 4 orang (dua lawan dua), yang menang stay dan yang kalah ganti dua anggota lain, jadi mereka sudah membentuk grup antar grup kelas itu sendiri. Ide yang cemerlang, karena itu berarti kesempatan untuk bermain, berlari dan mengejar bola untuk tiap murid yang bermain makin besar.

Walaupun kelas tujuh dan sembilan bermain di satu lapangan kecil, mereka tidak pernah saling berantem, mereka mengenali bola yang mereka mainkan, menurutku sih dua bola itu sama saja dan saat mereka out, saya bingung yang keluar kelas sembilan atau tujuh? tetapi bagi mereka, bola itu punya tipe atau warna sendiri yang mudah dikenali.

Cewe juga mempunyai sistem seperti ini kalau sudah soal fashion, menurut cowo, kami hanya memakai pakaian yang sama dengan warna berbeda atau sedikit hiasan berbeda. Menurut kami itu sudah beda langit dan bumi.

Sungguh luar biasa bagaimana kita dua makluk bisa begitu berbeda walaupun kita tetap saja cuma manusia. Saya selalu mempunyai kesan cuek itu super cuek tetapi kalau sudah soal aktifitas kesukaannya, tidak bisa terganggu sama sekali. Ini yang menyebalkan sekali.

Interaksi cowo sangat berbeda dengan cewe, cewe selalu suka membuat perjanjian sebelum, sedang atau sesudah sebuah permainan, cowo bisa saja langsung turun bermain tanpa rules.

Kadang dipikirkan emang cowo itu dari Mars dan cewe dari Venus.

saat menonton permainan bola itu, hanya satu hal yang kusadari ternyata cowo tidak selalulah bego, tidak beraturan dan mau menang sendiri, mereka cuma menggunakan cara yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *