Adopsi jangan Beli

Orang Australia menghabiskan beratus-ratus ribu dollar untuk binatang peliharaan mereka. Kadang hidup binatang peliharaan di Australia lebih bagus daripada orang Indonesia sendiri. Akan tetapi, karena cinta orang Aussie begitu besar dengan binatang peliharaan maka munculnya pabrik / peternakan anjing yang tidak bertanggung jawab.

Saya merasa beruntung sekali karena saya bekerja bareng seorang guru yang juga aktivis dalam perlindungan hewan. Dia  memberitahukan saya tentang peternakan atau pabrik anjing (puppy farms/mills). Informasi tentang puppy farms sungguh mengejutkan saya, ternyata banyak sekali di Australia peternakan anjing yang tidak sesuai peraturan. Kebanyakan mengaku peternak (breeder) yang bertanggung jawab tetapi ternyata di balik layarnya mereka tidak beternak  sesuai kebutuhan psikologi, sifat dan sosial anjing. Puppy farms merupakan sebuah peternakan anjing di mana mereka memproduksi anjing dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sering kebutuhan anjingnya terbelangkai karena mereka tidak mempunyai staf, lokasi dan waktu yang memadai untuk membimbing anjingnya. Jadi sering kali, anjingnya menjadi masalah saat dijual.

Banyak cerita di mana, peternak anjing menjual anjing bermasalah kesehatan sehingga pemilik barunya harus menghabiskan ratusan hingga ribuan di dokter hewan. Juga penjual toko hewan yang dikirimkan anjing  dibawah umur 8 minggu dan mati sekali lagi karena kebutuhan mereka tidak dipedulikan oleh pabrik anjing tersebut. Banyak gambar di internet di mana, anjing-anjing tersebut ditempatkan di tempat yang kecil sehingga makan, tidur dan pembuangan di satu tempat yang sama akibatnya terjangkit penyakit kulit, berkutu dan penyakit kesehatan lainnya.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=f6e-x96XO6U]

Walaupun mereka tidak setingkat dengan manusia, saya yakin manusia yang berhati tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, saya menganjurkan yang membaca untuk adopsi. Banyak hewan dieuthanasia (suntuk mati) di Australia karena jumlah hewan yang terlalu banyak, sekali lagi ini disebabkan karena banyak puppy farms yang tidak bertanggung jawab. Banyak hewan liar bisa diajarin pelan-pelan untuk menerima dan percaya dengan manusia. Kita juga kalau berteman tidak langsung akrab, butuh waktu dan kesabaran itu juga dengan binatang. Cuma bedanya, binatang begitu sudah percaya, mereka akan setia selalu, teman bisa  menghianatimu.

Banyak hewan di shelter yang bisa memenuhi kriteriamu soal binatang peliharaan (besar, kecil, muda, tua, ceria, pendiam, merah kuning dan hijau, rupa-rupa warnanya). Saya adopsi dua ekor kucing saya dari shelters, saya bangga dan sayang banget ama mereka. Saya juga senang karena saya telah menolong dua ekor hewan yang tidak akan menjadi korban suntik mati. Mis kucingku yang cantik, lembut dan pemalu, hampir saja menjadi korban suntik mati karena dia sudah berbulan-bulan tidak ada yang berminat untuk adopsi dirinya. Dia tidak ada masalah kesehatan dan dia juga menjadi kucing yang manis yang suka cium dan mengikutimu, apakah kamu benar ingin melihat binatang yang begitu lucu dibunuh?

metal duduk di kursi seperti boss pada hari pertamanya

mis lagi duduk indah menunggu waktu tidurnya

Sekali lagi, adopsi hewan untuk selanjutnya dan jangan membeli dari toko hewan tetapi visit website seperti Petrescue atau Gumtree (banyak yang mau dibuang dan ada yang gratis). Juga desexed binatangmu supaya mereka tidak lagi melahirkan sehingga tidak ada hewan yang terlantar, microchipped supaya binatang yang hilang bisa ditemukan.

Mari kita usahakan supaya tidak lagi ada hewan yang dibunuh dan ditelantarin seperti puppy farms.

Sources:

Puppy Farms

The Tail End

One thought on “Adopsi jangan Beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Verification: In order to verify that you are a human and not a spam bot, please enter the answer into the following box below based on the instructions contained in the graphic.